Rabu, 04 Januari 2012

MARI MEMBUAT PEMBELAJARAN

Perkembangan teknologi semakin hari semakin memudahkan kehidupan manusia, waktu dan jarak seperti tidak lagi menjadi penghalang seseorang untuk belajar. Tetapi pemanfaatan perkembangan teknologi ini sepertinya belum begitu maksimal terutama bagi para guru. Dewasa ini komputer sejenis desktop atau pun laptop sudah semakin banyak bertebaran dihampir setiap sekolah dan hampir setiap guru dapat mengoperasikan komputer. Media pembelajaran adalah salah satu cara yang dapat digunakan guru untuk menyampaikan materi-materi pelajarannya dikelas dengan memanfaatkan komputer yang ada. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dibuat acuan untuk membuat multimedia pembelajaran di kelas.

1) Menentukan Tema Materi Pelajaran
Tentukan dan pilihlah materi pembelajaran yang cocok disampaikan dengan menggunakan bantuan multimedia pembalajaran. Hal ini karena tidak semua materi pembelajaran itu bisa (cocok) disampaikan dengan multimedia pembelajaran. Bagi guru yang terbiasa membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sendiri hal ini akan mempermudah untuk menentukan tema materi pelajaran yang akan disampaikan dengan menggunakan bantuan multimedia pembelajaran. Yakinkan terlebih dahulu bahwa siswa dapat lebih mudah untuk memahami pelajaran tersebut jika dibantu dengan multimedia pembelajaran sehingga proses belajar mengajar akan lebih menarik dan hidup.

2) Menentukan Jenis Multimedia Pembelajaran
Jika tema pelajaran sudah ditemukan dan sudah disesuaikan dengan RPP yang dibuat maka langkah selanjutnya adalah memilih jenis multimedia yang akan digunakan untuk mempermudah penyampaian materi dikelas. Ada beberapa jenis multimedia pembelajaran yang dapat dipilih diantaranya:
  • Multimedia Pembelajaran Presentasi; Jenis ini lebih menitik beratkan pada poin-poin penting yang dianggap mewakili suatu poin materi yang akan disampaikan. Hal ini karena sifatnya yang tersajikan dalam lembaran-lembaran presentasi dan bisa pula ditambahkan gambar, animasi atau video untuk memperkuat materi yang akan disampaikan sehingga siswa akan lebih mudah untuk mencerna materi. Tetapi harus diingat bahwa ini tidaklah menggantikan guru secara keseluruhan, multimedia pembelajaran presentasi dibuat sebagai alat bantu penyampaian materi sehingga tetap yang menyampaikan materi secara penuh adalah guru. Software yang bisa digunakan untuk membuat multimedia pembelajaran presentasi misal; OpenOffice Impress, Microsoft PowerPoint dan sebagainya.
  • Multimedia Pembelajaran Mandiri; Jenis ini lebih kompleks dari jenis sebelumnya karena posisinya secara total dapat mengantikan guru dalam penyampaian suatu materi. Didalamnya tersusun dengan rapi berbagai materi-materi yang harus disampaikan kepada siswa dan siswa pun dengan sendiri menggalinya melalui multimedia pembelajaran mandiri yang disediakan. Munculnya berbagai pertanyaan atau masalah mengenai materi tersebut dengan sendiri dapat terjawab dalam multimedia jenis ini. Untuk membuat multimedia pembelajaran mandiri diperlukan pemahaman yang luas tentang penggunaan software multimedia kompleks dan kemampuan menggabungkan pengertian tertulis yang ada pada buku, artikel atau tulisan jenis lainnya (explicit knowledge) dengan tacit knowledge (pengalaman guru, know how). Selain itu karena sifatnya mandiri maka didalamnya juga harus terkandung fasilitas-fasilitas yang bersifat penilaian/memotret daya serap siswa terhadap materi seperti simulasi, latihan, ujian dan fasilitas lain yang mampu memecahkan berbagai permasalahan atau pertanyaan dari siswa itu sendiri. Software yang dapat digunakan untuk membuat multimedia pembelajaran mandiri misal; Adobe Director, Adobe Flash dan lain sebagainya.

3) Menyusun Alur Cerita
Susunlah alur cerita sesuai dengan materi yang akan diajarkan, dari mulai suatu teori sederhana yang sekedar untuk mengingatkan, pertanyaan ringan yang memancing siswa untuk mengulang kembali materi yang pernah disampaikan sampai dengan materi yang ingin disampaikan. Menyusun alur cerita tidaklah harus mendetail sepertinya halnya menyusun skenario suatu film. Cukup kita menentukan titik-titik utama penekanan suatu materi yang tersusun rapi dari awal hingga akhir materi yang akan diajarkan sehingga pada akhirnya akan tersusun suatu desain besar dari materi yang akan disampaikan. Penyisipan materi lain yang dianggap perlu sebagai pelengkap pada alur cerita juga perlu, misalnya cerita yang mampu memotivasi siswa atau sekedar cerita ringan untuk menarik perhatian siswa agar terfokus pada materi yang disampaikan. Untuk membuat alur cerita tidaklah memerlukan software-software rumit, cukuplah dengan menggunakan software pengolah kata ringan yang umum digunakan. 

4) Mulailah Membuat
Setelah tahap persiapan selesai (menentukan tema, menentukan jenis multimedia, menyusun alur cerita) maka mulailah mencoba untuk membuat suatu multimedia pembelajaran sederhana. Jangan pesimis dengan hasil akhir yang tidak bagus, karena semua berawal dari kemauan untuk memulai. Perhatikan, baca ulang, dan perbaiki tampilan-tampilan multimedia pembelajaran hasil buatan sendiri. Jika dirasa ada yang kurang atau terlalu rumit bagi siswa lakukan perbaikan, baik dari sisi tampilan, isi materi atau pelengkap materi yang akan digunakan.

1 komentar:

  1. Do this hack to drop 2 lbs of fat in 8 hours

    Over 160,000 women and men are trying a easy and SECRET "water hack" to drop 2 lbs each night while they sleep.

    It is effective and it works on everybody.

    Here are the easy steps for this hack:

    1) Go grab a glass and fill it half full

    2) And then do this awesome HACK

    and you'll be 2 lbs skinnier as soon as tomorrow!

    BalasHapus